Pengertian Alat Ukur dan Macam Macam Alat Ukur

Dalam dunia engineering kita pasti mengenal yang namanya alat ukur. Lalu sebenarnya apa alat ukur itu?

Pengertian Alat ukur adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur benda atau suatu kejadian. Mengukur merupakan aktivitas membandingkan kuantitas fisik dari suatu objek dengan alat ukur.

Ada berbagai macam alat ukur yang digunakan saat ini. Kegunaannya berbeda beda ada yang dipergunakan untuk mengukur panjang, masa, diameter dan lain lain. Berikut ini adalah macam macam alat ukur dan fungsinya.

1. Jangka Sorong


Jangka sorong atau vernier caliper adalah sebuah alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur panjang ataupun diameter suatu benda. Jangka sorong memiliki ketelitian hingga 0,01 mm untuk yang digital, sedangkan jangka sorong yang biasa hanya memiliki ketelitian 0,05-0,02mm. Pada jangka sorong terdapat dua satuan yaitu mm (milimeter) dan Inchi Dalam dunia teknik, jangka sorong bisa digunakan untuk mengukur :

  • Untuk mengukur panjang benda
  • Untuk mengukur diameter benda
  • Untuk mengukur kedalaman lubang

2. Micrometer Sekrup


Tidak jauh berbeda dengan jangka sorong, mikrometer juga digunakan untuk mengukur panjang suatu benda atau ketebalan suatu benda. Mikrometer memiliki tingkat ketelitian yang tinggi, ketelitian yang dapat dicapai mikrometer adalah sebesar 0.01 mm.

3. Mistar

Alat ukur ini sering kita jumpai dalam keseharian kita. Namanya adalah Mistar atau penggaris. Alat ukur ini memiliki ketelitian kurang lebih 0.5 mm
Digunakan untuk mengukur panjang, lebar hingga diameter suatu benda.

4. Thermometer

Thermometer merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur suhu. Bisa untuk mengukur suhu ruangan hingga suhu suatu fluida atau cairan. Thermometer terbuat dari sebuah palung yang bermaterial kaca dan didalamnya terisi oleh cairan air raksa dan alkohol. Digunakannya air raksa dikarenakan air raksa memiliki koefisien muai yang konstan.

Thermometer tersedia dengan satuan Celcius, Fahrenheit, Kelvin dan Reamur. Di Negara Indonesia sendiri biasanya memakai satuan Celcius.

5. Higrometer

Higrometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur suatu kelembaban pada suatu tempat. Dalam kehidupan, higrometer digunakan untuk mengukur kelembaban ruangan budidaya jamur sampai untuk mengukur kelembaban penetasan telur.

6. Neraca

Neraca adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat atau massa suatu benda. Neraca memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dan biasanya digunakan untuk mengukur benda dengan berat atau massa yang cenderung ringan.

7. Ampere Meter

Ampere meter merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur besarnya kuat arus listrik. Biasanya alat ukur ini digunakan oleh Teknisi Elektro atau Electrical engineering.

8. StopWatch

Stopwatch merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan oleh suatu kejadian. Sebagai contoh adalah mengukur mobil yang melaju dengan kecepatan 60 km/jam dengan jarak tempuh 5 km.
Satuan yang dipakai pada Stopwatch adalah detik, menit dan jam.

9. pH Meter

pH Meter adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan suatu cairan atau fluida. pH meter memiliki ujung atau elektroda yaitu probe pengukur.
pH meter sangat berguna di berbagai industri seperti industri air minum, laboratorium dll.

10. Voltmeter

Voltmeter merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik.

11. Speedometer

Speedometer Adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur sebuah kecepatan. Alat ukur ini biasanya terdapat pada mesin mesin dan kendaraan bermotor serta mobil.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang pengertian alat ukur dan macam macam alat ukur. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.

Jika dari yang kami sebutkan diatas masih kurang bisa ditambahkan di kolom komentar.

0 komentar