Macam-Macam Roda Gigi dan Fungsinya

Update hari ini kita akan membahas tentang roda gigi. Seperti yang kita ketahui roda gigi merupakan komponen sebuah mesih yang banyak terdapat pada gearbox. Manfaat roda gigi sangat banyak lho teman teman.
Dengan Roda gigi daya mampu di transmisikan, mampu mengubah kecepatan putar lalu mengubah torsi serta mampu mengubah arah daya dari sumber daya.

Pengertian Roda Gigi

Roda gigi merupakan suatu element mesin yang memiliki gigi gigi yang saling bersinggungan dan berputar serta dapat mentransmisikan daya.

Fungsi Roda Gigi

Fungsi Roda gigi antara lain adalah :
  • Sebagai Pengubah Kecepatan Putar
Roda gigi mampu mengubah kecepatan putar suatu daya yang dalam hal ini saya sebut motor. Cara mengubah daya ini adalah dengan mengubah atau memberi Ratio/Perbandingan roda gigi tertentu. Contohnya Jika kita mempunyai sebuah motor elektrik dengan Rpm 1400 lalu kita pasang perbandingan roda gigi 1:2 maka kita bisa mengubah rpm motor tersebut dengan menaikkan atau mengurangi rpm tersebut.
  • Mentransmisikan Daya
Fungsi roda gigi selanjutnya yaitu mentransmisikan daya. Apa sih yang dimaksud? Roda gigi mampu mentransfer atau mentransmisikan daya dengan gigi gigi yang saling bersinggungan tanpa terjadinya selip. Contonya adalah pada sebuah mesin bubut untuk menggerakkan cekam maka dari motor ke poros digunakan roda gigi untuk mentransmisikan daya. Hal ini tidak mungkin jika motor  mesin bubut langsung menjadi poros utama yang menggerakkan cekam.
  • Mengubah Torsi
Gaya yang bekerja pada lever dikalikan dengan jarak dari titik tengah adalah torsi. Dalam hal ini roda gigi dengan diameter kecil memiliki sebuah torsi yang lebih rendah sedangkan untuk roda gigi dengan diameter yang semakin besar maka torsi yang dihasilkan pun semakin besar.
  • Mengubah Arah Daya.
Roda gigi juga mampu mengubah arah daya yang mana pada hal ini kita bisa melihat contohnya yaitu pada sebuah pintu bendungan atau waduk yang menggunakan roda gigi. Daya yang diciptakan saat kita memutar handle adalah gerak putar biasa namun ada pasangan roda gigi yang satunya untuk mengubahnya menjadi gerakan naik dan turun.

Macam macam Roda Gigi

1.Spur Gear Atau Roda Gigi Lurus
spur
Spur gear atau roda gigi lurus paling banyak kita jumpai pada kehidupan sehari hari. bentuk roda gigi ini terdiri dari silinder atau piringan dengan gigi gigi yang berbentuk secara radial.
2. Roda Gigi Payung/Bevel Gear
payung
Roda gigi payung adalah roda gigi yang berbentuk menyudut atau mengerucut. Jenis roda gigi ini mampu mengubag arah daya dari. Contoh roda gigi ini terdapat pada gardan mobil atau pada pintu bendungan yang menggunakan roda gigi.
3.Worm Gear atau Roda gigi cacing
worm gear
Secara umum worm gear merupakan sebuah batang yang terdapat screw atau ulir. Pasangan roda gigi cacing ini adalah roda gigi lurus. Roda gigi cacing mampu mendapatkan rasio torsi yang tinggi dan kecepatan putar yang rendah. Biasanya, pasangan roda gigi lurus atau atau roda gigi heliks hanya memiliki rasio maksimum 10:1, namun roda gigi cacing mampu mencapai rasio 500:1. Kekurangan roda gigi jenis ini diantaranya adalah memiliki daya gesek yang tinggi sehingga harus selalu membutuhkan pelumasan.
4. External Helical Gear
helix
Roda gigi jenis ini merupakan roda gigi yang secara design tidak banyak suara yang dihasilkan atau dengan kata lain minimum getaran. Roda gigi heliks mampu diaplikasikan pada kecepatan tinggi, beda dengan roda gigi lurus jika diaplikasikan pada kecepatan  tinggi maka getaran yang dihasilkan semakin besar.
5. Roda Gigi internal.
roda gigi dalam
Roda gigi internal memiliki gigi gigi pada bagian dalam sebuah lingkaran silindris. Roda gigi jenis ini biasanya terdapat pada gearbox sebuah mesin bertenaga.
6. Rack dan Pinion Gear
rack
Roda gigi jenis ini terdiri dari sebuah roda gigi dan sebuah rack atau batang bergigi. Ketika pinion berputar, rack akan bergerak lurus. Mekanisme ini digunakan pada mesin bubut yaitu mengubah rotasi dari handle mesin bubut menjadi pergerakan ke kanan dan ke kiri dari rack sehingga eretan bergerak berubah arah.
7.Roda Gigi Hypoid
hypoid
Roda gigi jenis ini hampir sama dengan bevel gear atau roda gigi heliks namun pada hypoid gear axisnya tidak bersinggungan.
Nah itulah sedikit pengetahuan yang bisa saya bagi kali ini teman teman, semoga bermanfaat terima kasih.

0 komentar