Jenis Jenis Suaian (Fits)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Suaian atau Fits. Suaian atau Fitd merupakan Dua bagian benda dari golongan lubang dan poros yang mempunyai suatu ukuran dasar yang sama dan dipasangkan.
Dalam hal ini ada Tiga Jenis suaian diantaranya adalah :

1. Suaian Longgar (Clearance Fits)
Suaian Longgar merupakan suaian yang diberikan terhadap benda dengan ukuran lubang selalu lebih longgar (clearances) jika dibandingkan dengan poros.

2. Suaian Paksa (Sesak/interference fits)
Suaian yang menggunakan ukuran diameter poros lebih besar jika dibandingkan dengan lubang. Suaian jenis ini biasanya menggunakan hidraulic press untuk memasangkan antara poros dan lubang.

3. Suaian Transisi (Transition fits)
Merupakan suaian yang tidak tentu yang memungkinkan bisa terjadi suaian longgar dan suaian paksa. Dalam hal ini sangat tergantung pada ukuran benda kerja setelah dibuat.

Dibawah ini adalah gambar Daerah toleransi

Sistem Suaian

Dalam sistem suaian, kita mengenal dua sistem suaian yaitu sistem basis lubang yang paling banyak digunaka dan Sistem basis poros.

Suaian Sistem Basis Lubang

Pada sistem ini, daerah lubang atau simbol yang biasanya digunakan adalah H dijadikan patokan dasar bahwa penyimpangan bawahnya adalah sama dengan nol dan daerah toleransi poros diatur menurut suaian yang direncanakan. Bisa dibilang kalau sistem suaian ini diameter lubang fix dan diameter poros lah yang mengikuti jenis suaian yang diberikan.
 Suaian Sistem Basis Lubang



Suaian Sistem Basis Poros

Suaian sistem poros menggunakan poros atau daerah h sebagai patokan, sistem suaian basis poros ini memiliki penyimpangan atas sama dengan nol dan daerah toleransi lubang diatur menurut jenis suaian yang direncanakan.
Suaian Sistem Basis Poros

Kedua sistem suaian ini dapat diigunakan. Namun sistem suaian basis lubang lebih banyak digunakan karena pengerjaan lubang lebih sulit dari pada pengerjaan poros. Selain itu juga alat ukur untuk mengukur lubang lebih mahal dari pada alat ukur untuk mengukur poros.

Dibawah ini merupakan Tabel Suaian yang sering dibuat.

Basis Lubang

Basis Poros


Akhir kata

Dari dua sistem suaian yaitu Suaian Basis Lubang dan Suaian Basis Poros, sehubungan dengan sulitnya pengerjaan pada sistem suaian basis poros, jika tidak terpaksa dianjurkan untuk menggunakan suaian sistem basis Lubang karena pengerjaan yang lebih mudah. Nah Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terima Kasih.


 

0 komentar