Spesifikasi Hexagon Bolt


Selamat sore teman teman engineer, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang spesifikasi  Baut Segi enam atau Hexagon Head Bolts. Baut merupakan komponen yang sangat penting dalam pemesinan. Fungsi baut sendiri dibedakan terhadap jenis dan peruntukannya.

Baut Merupakan suatu batang ulir yang kerja utamanya adalah untuk mengikat dua objek atau benda secara bersama. Sedangkan Mur sendiri itu adalah pasangan dari baut yang memiliki fungsi mengikat. Prinsip utama yang digunakan pada mur dan baut adalah Bidang Miring. 

Berikut ini kami sajikan beberapa spesifikasi Baut dan Peruntukannya.

Hexagon Head Bolts and Screw

 Ada beberapa design Baut Segi enam dan jenisnya ini diantaranya.

1. Hexagon Head Bolt Partly Threaded, and with coarse threads


Secara design baut ini memiliki ulir yang kasar dan tidak penuh. Jenis ini tersedia dengan range dari M1,6 sampai M64 yang memiliki standard  DIN EN dan ISO 4014. Sedangkan pengaplikasiannya banyak terdapat pada mesin industri, peralatan serta industri otomotif.

2. Hexagon Head Bolt Fully Threaded with Fine Threads


Hampir sama dengan Hexagon Head Bolt Partly Threaded and with Coarse Threads namu perbedaannya disini adalah pada ulir yang diterapkan yaitu menggunakan ulir halus dan Penuh. Jenis ini juga tersedia dengan Range M1,6 sampai M64 yang memiliki standard DIN EN dan ISO 4017. Untuk pengaplikasiannya sama yaitu terdapat pada mesin industri, peralatan serta industri otomotif. Tetapi baut dengan jenis Fully Threaded ini Memiliki Kekuatan yang lebih tinggi.

3. Hexagon Bolt and Screw Partly Threaded and with Fine Threads



Dari namanya kita tahu bahwa Baut Segi enam jenis ini tidak memiliki ulir penuh dan memiliki ulir halus. Baut Jenis ini Memiliki Range ukuran dari M8x1 sampai M64x4 dan memiliki standard DIN EN dan ISO 8765. Dibandingkan dengan Ulir yang kasar ulir yang digunakan pada baut jenis ini memiliki kedalaman ulir yang lebih rendah, kisar yang lebih kecil dan lebih tinggi kapasitas menahan beban.

4. Hexagon Bolt and Screw Fully Threaded with Fine Threads



Jenis ini menggunakan ulir halus dan penuh serta memiliki range ukuran M8x1 sampai M64x4 dengan standard ISO 8676.

5.  Hexagon Bolt and Screw With Reduced Shank



Baut segi enam jenis ini memiliki ulir pada ujungnya dan pada tengah baut lebih rendah dari diameter ulirnya. Baut ini memiliki range ukuran M3 sampai M20 dengan standard DIN EN dan ISO 24015. Aplikasinya biasanya pada beban dinamis.

6. Hexagon Bolt and Screw Fit Bolt



Secara design baut ini memiliki ulir tidak penuh. Jenis ini tersedia dengan range dari M8 sampai M48 yang memiliki standard  DIN 609. Sedangkan fungsinya mematikan atau fixing posisi part terhadap gerakan, dan cocok untuk poros dengan beban melintang.

Nah kira kira itulah tentang baut segi enam atau Hexagon Bolt. Masih banyak jenis baut yang belum bisa saya bahas disini dan mungkin akan saya bahas pada lain kesempatan. Jangan lupa share ya. Terima kasih.

1 komentar: