DASAR KELISTRIKAN MESIN

PENGERTIAN DASAR LISTRIK

instalasi-listrik
Hallo sahabat Engineer, tahukah kalian Setiap materi mempunyai muatan listrik. Materi tersebut tersusun dari molekul‐molekul. Molekul tersusun dari atom‐atom. Jadi atom merupakan bagian terkecil dari molekul.
clip_image002
Setiap atom terdiri dari inti atom. Inti atom ini terdiri dari proton dan neutron. Proton adalah inti yang bermuatan positif dan neutron adalah inti yang tidak bermuatan (netral). Sedangkan electron bermuatan negatif. Dalam mengelilingi inti, elektron‐elektron bergerak pada orbit masing‐masing. Elektron yang terletak paling jauh disebut dengan elektron bebas.
clip_image004
Secara garis besar listrik dibedakan menjadi 2 macam yaitu: listrik statis dan listrik dinamis. Listrik dinamis dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu: listrik arus searah (direct current) dan listrik arus bolak‐balik (alternating current).
1. Listrik Statis
Kalau dua buah konduktor yang berbeda muatan digosok‐gosokkan maka muatan listrik kedua konduktor tersebut akan berkumpul pada permukaan konduktor tersebut. Jika kedua konduktor ini didekatkan maka akan terjadi tarik‐menarik antara kedua konduktor tersebut, tapi tidak sampai terjadi perpindahan electron.
Contoh kain sutera yang digosok‐gosokkan pada sebatang kaca. Electron kain sutera tersebut akan berkumpul pada permukaannya. Begitu juga dengan ion‐ion positif batang kaca, ion‐ionnya akan berkumpul pada permukaan batang kaca. Kalau kedua benda ini didekatkan maka terjadi tarik‐menarik.
clip_image006
2. Listrik Dinamis
Listrik dinamis ialah di mana electron‐elektron bebas bergerak dari satu atom ke atom yang lain melewati suatu penghantar. Bila electron bebas ini bergerak dengan arah tetap, maka disebut dengan liatrik arus searah (direct current) yang disingkat DC. Bila gerakan electron dan jumlah arus bervariasi secara periodic terhadap waktu maka disebut dengan listrik arus bolak‐balik (Alternating Current) yang disingkat dengan AC.
clip_image008
Gambar Listrik Arus Searah

clip_image010
Gambar Listrik Arus Bolak‐balik
Ada dua cara untuk membangkitkan tenaga listrik, yaitu:
a. Pembangkit listrik secara kimia
Adalah pembangkitan listrik secara kimia yaitu terjadinya reaksi kimia yang dapat menghasilkan arus listrik. Contoh baterai.
b. Pembangkit listrik secara mekanik
Adalah pembangkitan listrik secara mekanik yaitu mengubah suatu gerakan menjadi tenaga listrik. Contoh dynamo dan alternator.
Smile Smile Smile
Source : Bahan ajar smk pgri ngawi .
                Gambar : https://s1ttl.files.wordpress.com/2012/09/instalasi-listrik.jpg

0 komentar